Pengakuan Mahasiswa setelah WISUDA

Sebagai mahasiswa tingkat akhir tidak di pungkiri memang rasa apa yang dirasakan sangat tidak karuan.entah mau ngapain setelah wisuda dan apa yang mereka rasakan. Nah nanti kita akan bahas itu semua di sini. Rencana memang sudah di rencakan jauh-jauh hari sebelum mereka wisuda namun unik dengan beberapa narasumber yang akan saya bahas disini. Mereka mempunyai argumen yang beragam dan itulah asyiknya menjadi mahasiswa dahulu.

Ini lah beberapa pengakuan mahasiswa yang sudah wisuda, mari kita cuek eh cek :

  1. Lega

Perasaan lega setelah semua perjuangan dari pembuatan skripsi hingga acc dari dosen dengan proses yang tidak mudah sampai-sampai mengorbankan waktu demi penelitian dan tidak mempunyai tanggung jawab di kampus.

  1. Senang dan bahagia

Entah senang dan bahagia itu sama atau tidak yang jelas semua mahasiswa menikmati itu, perjuangan mereka terjawab sudah dengan perjalanan yang sangat panjang dari belum mengerti ilmu apa yang di pelajari sesuai jurusan hingga mendapatkan gelar sesuai keinginan mereka. Hanya 2 kata itu yang bisa diungkapkan.

  1. Tertekan

Banyak hal yang dirasakan oleh kita sebagai mahasiswa, sebelum masuk kuliah pasti kita sudah menyusun begitu banyak rencana dan sudah memenuhi dinding kamar kos apa yang kita rencanakan kedepan selama kuliah dan menentukan masa depan atau  istilah kerennya TARGET.

Perasaan tertekan itu muncul ketika setelah wisuda sebagai mahasiswa belum mempunyai pekerjaan yang tetap maupun mapan sesuai target masing-masing mahasiswa setelah wisuda. Bukan hanya hal itu saja mereka para mahasiswa juga perlu melakukan pembuktian setelah wisuda mau dibawa kemana gelar yang sudah mereka dapat kepada orang terdekat atau keluarga.

  1. Kesepian

Masa-masa kuliah adalah masa yang menyenangkan, dimana bisa kumpul bersama teman-teman terdekat dan gila sama mereka. Setelah wisuda semua itu hilang tinggal kenangan. Tidak di pungkiri memang semua itu adalah proses yang dijalani oleh mahasiswa saat melakukan masa kuliah. Rasa yang tak terbiasa hilang setelah wisuda itu lah semua harus ditinggalkan demi masa depan yang sebenarnya.asyek2 jos.

  1. Belum siap

Semua hal yang dijalani pada masa-masa kuliah memang tidak berasa. Waktu hingga waktu terasa cepat berlalu (mungkin karena tugas haha) ,secara tidak sadar kita terbawa ruang waktu yang cepat (cie bahasanya). Perasaan yang paling utama dikatakan adalah “kok cepet banget ya perasaan baru kemarin jadi maba(mahasiswa baru) ini sudah mau wisuda aja” maklum mahasiswa terlalu asyek dengan dunia perkuliahan. Itulah yang membuat rasa belum siap mereka untuk setelah wisuda mau kemana. Karena rencana demi rencana tidak sesuai harapan mereka harus membuat rencana ulang, itulah tidak semua hanya sebagian atau sebagian banyak mahasiswa heheh.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *