Review Film : Rampant, Kisah Zombie dan Tahta Kerajaan

Annyeong Haseyo,

Bagi teman-teman yang sudah membaca review sebelumnya, ada 3 film Korea Selatan berlatar Sageuk yang saya tonton. Film kedua setelah The Great Battle berjudul Rampant, film yang disutradarai oleh Kim Sung-Hoon ini menyuguhkan cerita bergenre Action, Thriller. Menyusul film Train To Busan, Rampant (Chang-Gwol) ini mengambil unsur yang sama yaitu, Zombie.

Bisa dibayangkan, bagaimana jadinya ratusan zombie menyerang di jaman Dinasti Joseon ?

Film ini dibintangi oleh Aktor papan atas Korea Selatan Hyun Bin dan Jang Dong-Gun. Ini adalah pertama kalinya dua Ahjussi Keren dipertemukan dalam satu frame (ampuuun visual semua ini mah), serta pemain pendukung lainnya Kim Eui-Sung, Lee Sun-Bin, Seo Ji-Hye. Rampant menyajikan suatu cerita yang berbeda dari film Sageuk (kolosal) Korea lainnya. Karena menampilkan salah satu sosok karakter mengerikan yang hidup di jaman Joseon serta intrik perebutan kekuasaan yang dikemas menarik tanpa menghilangkan unsur sejarahnya.

Menceritakan Lee Chung (Hyun-Bin) yang kembali ke tanah Joseon setelah mengetahui bahwa saudaranya Lee Young tewas bunuh diri. Alih-alih bunuh diri ternyata kematian Putra Mahkota Lee Young disebabkan oleh jebakan Kim Ja-Joon (Jang Dong-Gun).

Kim Ja-Joon merupakan tangan kanan Raja Lee Jo (Kim Eui-Sung), sosok Raja dalam karakter film ini menggambarkan Raja yang tidak bisa kehilangan kedudukannya bahkan anak sendiri dijadikan sebagai saingan. Kepercayaannya terhadap Kim Ja-Joon akhirnya dimanfaatkan untuk melakukan kudeta. Ditengah permasalahan kerajaan inilah muncul sosok mengerikan yang berawal dari sekelompok kapal pedagang asing. Seorang awak kapal yang terjangkit wabah akhirnya mengigit pasukan Joseon, sejak saat itulah Yagwi mulai merambah ke seluruh Joseon hingga ibu kota. Diawal film akan diceritakan bagaimana asal muasal wabah Yagwi.

Berdurasi kurang lebih 120 menit, film ini cukup baik dan ceritanya mengalir seperti air. Yang menjadi kelemahan dalam ini film adalah, walaupun sudah menyuguhkan scene yang dramatis disetiap menitnya, akan tetapi hubungan antara karakter satu dengan yang lain masih kurang (mungkin karena film ini action thriller kali ya). Durasi film ini banyak dihabiskan untuk menghadirkan sosok antagonis, yaitu Kim Ja-Joo (yang jahatnya nggak ketulungan kayak si Peya didrama azab The Last Empress). Setelah menonton film Rampant, bisa dikatakan film ini fokus menceritakan kudeta yang dilakukan oleh Kim Ja-Joon sang tangan kanan Raja, Kim Ja-Joon sendiri sangat terobsesi untuk menjadi Pemimpin Joseon dan membuat pemerintah baru ala ala Kim Ja-Joon sendiri. Karakter Yagwi atau Zombienya disini hanya dijadikan sebagai bumbu penyedap didalam intrik cerita utamanya. Mungkin bagi teman-teman yang sudah menonton film ini akan berpendapat yang sama, sempat sebel juga sama karakter Raja Lee Jo yang overthinking terhadap sesuatu sampai tidak mau mengakui kesalahan bahkan ketika Putra Mahkota meninggal dunia, pada akhirnya ini Raja juga mati ditangan Kim Ja-Joon.

But, bukan film Korea namanya kalau tidak menyisipkan scene mewek Bombay hehe, film Rampant cukup menguras emosi dan air mata juga menurut saya (yupp karena ane nangis juga discene Park Jong-Sa).

Dari sisi visual, Rampant tidak mengecewakan sama sekali. Efek CGI, cinematography, dan produksi film dari Next Entertainment World ini patut diacungi jempol karena berani mengambil memadukan cerita sejarah dengan mayat hidup. Writer-Nimnya juga cukup baik dalam membuat plot cerita, dialog yang disampaikan oleh pemain juga tidak terasa kosong. Kesan Gore di film ini juga sudah cukup bikin jantung dag-dig-dug, walaupun tidak se-Gore difilm-film zombie ala Hollywood seperti Resident Evil dan lainnya.

Buat teman-teman yang belum menonton, tidak ada salahnya memasukkan film Rampant ke dalam list tontonan kalian. Film Rampant berhasil masuk ke jajaran Box Office Korea Selatan loh, jadi sayang untuk dilewatkan. Saya merekomendasikan film ini, disampingnya ceritanya yang unik dan baru, akting mumpuni Hyun-Bin dan Jang Dong-Gun bakal bikin kalian betah nonton filmnya dari awal sampai akhir.

(Terakhir Ucapan Selamat untuk Sun-Bin Eonni yang barusan jadian sama Bang Jerapah Kwang-Soo, chukkae chukkae~~~

Semangat untuk Hyun-Bin semoga dramanya kali ini tembus rating tertinggi tvN (cuma ngikutin dramanya diawal” aja hehe), semangat juga untuk Jang Dong-Gun Ahjussi yang mau collab sama Song Jong-Ki oppa dan Mbak Ji-Won, Himnae-yo~~~)

 

Terimakasih.

Gamsahamnida~

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *