Cara Sederhana Agar Uang Saku Mahasiswa Bertahan Akhir Bulan

                Sebagai mahasiswa kehidupan kos adalah kehidupan yang tidak pernah didapatkan pelajarannya ketika hidup dirumah bersama orang tua. Banyak sekali pelajaran yang bisa kita ambil dari kehidupan kos. Kos adalah rumah kedua mahasiswa setelah rumah. Setiap momen banyak yang tidak bisa dilupakan mulai dari makan, kumpul, nugas, nyuci, tidur dan lainnya. Semua dalam pola kehidupan kos itu bervariasi karena memang sebagian besar mahasiswa masih mneggantungkan hidupnya kepada kedua orang tua.

                Mahasiswa ketika di kos sebagian besar bergantung kepada pemberian orang tua dan memang rejeki berbeda-beda tetapi kita harus bersyukur atas apa yang diberikan orang tua ke kita. Banyak sekali karakter mahasiswa dalam mengelola keuangannya, mulai dari bener-bener digunakan jika ada kebutuhan, asal asyik aja tiba-tiba ludes, asal ada uang apapun jadi, hemat pangkal kaya, hemat makan seadanya juga ada dan lain sebagainya. nah kali ini saya akan berbagi tips mengenai bagaimana caranya menjaga uang kita sebagai mahasiswa untuk bisa bertahan sampai akhir bulan.kita simak Bersama saudara-saudara, dibawah ini :

  1. Makan Ala Kadarnya

(sumber: koranmadura.com)

Makan seadanya akan membuat kita semakin tahu arti dari sebuah penghematan dan sebuah perjuangan melawan waktu yang sangat Panjang sampai akhir bulan. Ada kalanya kita makan enak sebulan sekali yaitu pada awal bulan dan itupun harus pilih-pilih tempat untuk makan dan tetapi semua itu adalah sebuah teori yang sulit di praktekkan oleh para mahasiswa generasi milenial saat ini termasuk saya karena memang ekspetasi kita untuk menghemat itu hanya teori sejak teman dating secara tiba-tiba.

  1. Kebutuhan seperlunya

(sumber: https://www.dakwatuna.com)

Banyak sekali kebutuhan mahasiswa itu mulai dari perlengkapan mandi, tugas, pulsa, paket data, bensin dan lainnya. Jatah itu semua masuk dalam kategori uang saku tanpa embel-embel pembeda. Kadang banyak kebutuhan yang tidak menjadi kebutuhan utama kita utamakan dalm arti contoh beli pakaian ataupun sejenisnya. Dari banyak kebutuhan memang tidak bisa dipungkiri dikala goadaan dating semua mengalir begitu saja entah tiba-tiba pertengahan bulan harus stok makanan instan.

  1. Main Kerumah Teman

(sumber: akhbarislam.com)

Kadang teman bisa menjadi penolong terkeren (kalau itu keren), namun kadang ada ynag sebaliknya. Berkunjung kerumah teman bisa mengakibatkan perut kita kenyang dan bisa menghemat pengeluaran makan kita tetapi jangan terus-terusan ya guys karena nanti akan mengakibatkan kecanduan penghematan ???? . banyak teman banyak rejeki itu memang benar tetapi jika dilakukan dengan benar.

  1. Sedia bahan baku jangka Panjang

(sumber: sembago.com)

Bahan baku ini seperti beras, mie instan, tempe kering dan sejenis lainya yang bisa tahan jangka Panjang. Ini sederhana tetapi jika di telateni akan berakibat luar biasa penghematannya. Ini pernah saya lakukan ketika dulu bekerja dan nabung buat kuliah. Jadi setiap hari masak nasi dan beli lauk jika tidka bisa masak, uang 20.000 bisa buat 3 hari dan itu tanpa rokok dan lainnya karena memang saya tidak rokok dan belum punya motor ssaat itu. Intinya pinter-pinternya kita dalam mengelola itu.

Sementara itu guys diatas yang bisa membuat mahasiswa agar bisa bertahan sampai akhir bulan dan tetapi semua tergantung dari masing-masing individunya. Memang tidka semua pemikiran orang sama semua dan itu hanyalah sebuah tips sederhana agar kita bisa meringanka beban orang tua dengan cara berhemat. Salam mahasiswa manis.

Exit mobile version