Snapdragon Dan Google Kerjasama Pengembangan Android

Beberapa waktu lalu Qualcomm dan Google mengumumkan untuk bermitra dalam hal pengembangan perangkat lunak android dan bertujuan agar mempermudah dan mempercepat proses pembaruan dengan kompatibel yang merata di OS Android Terbaru.

Dasar dari Kerjasama ini adalah kesenjangan yang terjadi antara pengembangan android dan ponsel pintar Apple yang pesat dan merata di segala perangkatnya. Keberhasilan Apple yang mendasar adalah pembaharuan yang bisa dilakukan di hari yang sama dan bahkan bisa mencakup perangkat lawas.

Google telah membuat sebuah Project Treble untuk mengatasi masalah pembaharuan dengan dirancang untuk mempercepat dan mempermudah Vendor dalam memperbarui perangkat mereka. Sampai berhasil dengan batas waktu tertentu , dengan peluncuran yang lebih cepat  sehingga bisa di sentuh sampai versi beberapa tahun terakhir dan di bantu evaluasi dari Beta.

Kerjasama antara Qualcomm dan Google sepertinya sangat serius karena Qualcomm akan memulai di seri Snapdragon 888 yang akan didukung selama 4 tahun OS dan pembaharuan keamanan untuk kerangka kerja Project Treble. Itu seharusnya mempermudah produsen yang menggunakan perangkat dari Qualcomm dan kemungkinan besar berlaku untuk berbagai ponsel Pixel Google Sendiri.

Bagi perusahaan yang memberikan pembaharuan OS akan membuat pekerjaan semakin banyak dan perlu diingat ya jika terlalu banyak merubah pengalaman pengguna akan menghambat suatu produk untuk diterima karena pengguna akan tidak nyaman. Paling mendasar adalah sebuah sistem dapat berfungsi sebagaimana mestinya meskipun dilakukan pembaharuan atau masih versi lama.

Baca Juga : Processor smartphone Terbaik 2020

Android masih harus berjuang keras, untuk di proyek Android One saja harusnya bisa memberikan pengalaman yang terbarui tetapi justru malah mengalami keterlambatan yang sangat lama yaitu 3 bulan setelah android 11 di rilis ponsel pixel.

Apple memiliki lingkup dan pasar yang khusus dan kontrol kemanannya juga lebih mudah sedangkan android jauh lebih terbuka dan luas karena banyaknya produsen yang memiliki banyak jenis atau tipe perangkat. Dari seri yang lebih terjangkau juga menjadi kebijakan produsen untuk menerima pembaharuan atau tidak.

Exit mobile version