Metamorfosis Part II : Apa yang Harus dilakukan Ketika Menjadi Mahasiswa?

ketika jadi mahasiswa

Beberapa waktu yang lalu saya menulis metamorphosis part I tentang apa yang harus disiapkan sebelum menjadi mahasiswa?. Nah , kali ini sudah bisa ditebak sesuai janji saya beberapa waktu lalu untuk menulis ini sampai part III. Di metamorphosis I itu lebih fokus ke perencanaan hidup yang harus disiapkan jika nanti akan menjadi mahasiswa.

Setelah kita mengetahui apa yang harus disiapkan sebelum menjadi mahasiswa saatnya kita merancang apa yang bisa disiapkan Ketika menjadi mahasiswa. Belajar dari pengalaman dan lingkungan saya, saya banyak menemukan karakter orang dan termasuk saya sendiri. Cara orang untuk mencari jati diri emang berbeda, karena sudut pandang orang akan suatu hal itu pasti berbeda dan gimana cara berprosesnya.

Tulisan ini saya rancang karena memang ini yang saya terapkan dan saya juga mengambil beberapa yang ada dilingkungan saya pada saat kuliah. Langsung saja kita simak dibawah ini :
1. Buat Waktu Sesibuk Mungkin

“Kuliah kan udah capek, mikir tugas, mikir waktu ah bingung masa mau dibuat jadi sibuk “, yaitu mungkin ada beberapa orang yang beranggapan kesibukan itu sebagai hal yang ah apasih harus gitu aku gak mau capek dan blabla. Mengenai tentang buat waktu sesibuk mungkin ini saya artikan begini mumpung masih muda dan bisa buat waktu yang bermanfaat buat menunjang apa yang ada didiri kita. Kalau dulu yang lain pada nongkrong, bermain atau bahkan hanya stay ngobrol gak jelas, saya sibukkan dengan banyak kegiatan dikampus mulai jadi aktivis, menulis blog, bekerja sampingan ( menulis blog dan review ), diskusi dengan orang baru.

2. Relasi

Membangun relasi ini harus dibangun sejak dini pada saat awal masuk kuliah atau bahkan sampai lulus kuliah. Relasi ini sangat berpengaruh nanti setelah lulus atau bahkan jangka Panjang. Relasi bisa di bangun dengan bertemu orang-orang baru, contoh : organisasi kampus, organisasi luar kampus, Unit kegiatan atau bahkan membangun relasi dengan pihak kampus struktural, pihak luar seperti kampus lain, pemerintahan, sponshorship dan lainnya. Karena saya suka organisasi jadi saya membangun relasi lewat organisasi karena dengan organisasi ini akses untuk dapat relasi itu sangat luas dan besar apalagi jika kita punya pengaruh yag besar dalam organisasi.

3. Organisasi

Organisasi ini bagiku adalah rumah kedua setelah kampus tapi bahkan malah lebih mengutamakan organisasi dan menghabiskan Sebagian besar waktunya untuk organisasi. Organisasi ini membentuk apa yang belum pernah dimiliki dan bahkan bisa membantu untuk berani berkespresi dan bahkan bisa mencurahkan ide apa yang ingin dibawa dalam organisasi. Jadi intinya organisasi ini sangat penting buat kelangsungan proses berpikir kreatif, inovatif dan sangat membantu soft skill. Jadi, organisasi akan membentuk kepribadian yang lebih baik kalau gak percaya coba aja , saya Sudah membuktikan dan mental rasa percaya saya berbeda dengan teman-teman saya yang kupu-kupu ( kuliah pulang ).

4. Latih Soft Skill dan Hard Skill

Sebelum membahas ini saya akan menjelaskan apa itu soft skill dan hard skill. Soft skill adalah kemampuan berkomunikasi yang tidak dapat dipelajari secara formal dalam arti disini memang sudah sifat bawaan dari dalam diri kita, sedangkan hards kill adalah kemampuan yang spesifik untuk pekerjaan tertentu contohnya sebuah keahlian bidang seperti web development, desainer, ahli mesin dll.

Mari kita bahas kenapa keduanya sangat penting karena tanpa keduanya kita akan ibarat katak dalam tempurung. Soft skill bisa di bentuk dalam organisasi, ini saya buktikan sendiri Ketika memimpin atau dipimpin, karena didalam organisasi kita mau tidak mau yang awalnya malu akhirnya harus berani berbicara didepan muka umum dan itu harus dibentuk bukan secara instan. Komunikais juga bisa dilatih atau bahkan dalam pengambilan keputusan.

Dalam hard skill ini lebih ke keahlian diluar dalam diri, melatih hard skill bisa dilakukan dengan cara mengikuti pelatihan atau berlatih secara sendiri ( otodidak ). Ini sangat penting karena berkaitan nanti setelah jadi mahasiswa mau gimana dan apa yang bisa kita jual di persaingan industri yang semakin kuat.

Waw, sudah banyak sekali yang dibahas dan akan dilanjutkan di metamorphosis part III dari kelanjutan ini ya, jadi berurutan dan jangan sampai ketinggalan ya guys. ulala

By samagahacom

Simple | Sondolop Cloth | Musik | #mengingatlupa | #mahasiswamanis

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Related Posts