Cara Membuat Dua Harddisk/SSD Di Laptop Murah Meriah

COVER 1 e1556128214169

Kali ini saya akan berbagi mengenai cara membuat 2 harddisk/ ssd di laptop dengan mudah dan murah. Sedikit cerita kita ketahui bahwa di laptop hanya mempunyai satu slot untuk harddisk/ssd dan di era saat ini sudahh berkembang pesat mengenai teknologi dari penyimpanan skala besar. Pembagian dari slot harddisk biasanya berukuran 2.5” dan kapasitas tergantung dari spesifikasi laptop itu sendiri. Nah kali ini saya kan berbagi mengenai bagaimana caranya menambah laptop kita menjadi dua harddisk dan bisa di pasang juga SSD. Saya tidka akan membahas mengenai apa itu Harddisk ataupun SSD karena saya rasa para penggemar sudah tidak asing dengan istilah keduanya.

Kita simak beberapa cara sederhana untuk membuat harddisk laptop jadi dua, sebagai berikut :

Kebutuhan Alat :

  1. Siapkan Laptop yang akan di tambah Harddsik/SSD
  2. Pastikan laptop ada CD/DVD Room
  3. Caddy HDD/SSD
  4. Harddsik/SSD
  5. Berdoa

Ekeskusi :

  1. Siapkan Laptop yang akan di tambah Harddisk/SSD

howard lawrence b 1141813 unsplash e1555214188847

  1. Lepas CD/DVD Room

patrick lindenberg 191841 unsplash

Lepas CD/DVD Room dari laptop anda dalam keadaan mati dan lepas hati-hati . sebelumnya alangkah baiknya pahami dulu mengenai cara melepas CD/DVD Room karena setiap laptop mempunya masing-masing cara untuk melepasnya.

  1. Siapkan Caddy HDD/SSD

universal 25 inch hdd caddy 127mm sata to sata 3

(sumber : Jakartanotebook.com)

Ukuan yang saya contohkan adalah ukuran 2.5 Inch dan sata 2. ( harap di perhatikan di berbagai spek itu berbeda. Ada sata 3 dan jika support sata 3 alangkah baiknya cari yang sata 3 karena lebih cepat ). Harga ini bervariasi dan saya dapatkan dengan harga Rp. 55.000,00.

  1. Pasang HDD/SSD

HDD SSD

Harap diperhatikan:

  1. Jika ingin mengganti harddsik utama dengan SSD yang isinya sistem berarti yang akan di lepas adalah harddisk yang buat sistem dan di ganti dengan SSD dan Harddisk yang tadi buat sistem bisa di buat slave dengan cara memasukan harddisk di Caddy HDD yang seperti gambar diatas.
  2. Jika ingin menambah Harddisk maka hanya melepas CD/DVD Room saja kemudian tinggal pasang di Caddy HDD hingga rapat.
  3. Hidupkan Laptop

Jika semua sudah terpasang dengan baik maka silahkan di hidupkan laptop anda dan silahkan dilihat di menu explorer harddisk dan jika berhasil maka partisi HDD/SSD akan bertambah sesuai partisi masing-masing HDD/SSD.

5. Alhamdulillah sudah selesai ya. Selamat mencoba.

By samagahacom

Simple | Sondolop Cloth | Musik | #mengingatlupa | #mahasiswamanis

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Related Posts