Pengertian User Experience UX atau Pengalaman Pengguna

user experience

Beberapa waktu yang lalu saya pernah menulis tentang User Interface atau antarmuka pengguna dengan pengertiannya. Kali ini saya akan menulis tentang User Experience atau pengalaman pengguna. Mengenai istilah keduanya atau sering disingkat dengan UIUX sangat popular di beberapa tahun terakhir ini. Banyak di grup-grup membahas tentang bab ini dan banyak prediksi untuk industri yang mencari para ahli dibidang ini yang disebut dengan UIUX Designer.

Pengalaman pengguna adalah pengembangan dari pengalaman antarmuka atau UI, yang mana pengguna berinteraksi dengan antarmuka dan akan memberikan sebuah pendapat berupa apakah positif atau negatif bahkan netral dan pengaruh pada perasaan pengguna tentang interaksi tersebut. Hal ini menjadi sangat penting pada produk yang dihasilkan harus memperhatikan pengalaman pengguna agar pengguna mudah dalam memahami alur produk yang dibuat.

Pada tahun 1990-an, ilmuwan Don Norman menciptakan istilah Pengalaman Pengguna ketika ia bekerja di Apple dan mendefinisikannya sebagai berikut :

“Pengalaman Pengguna mencakup semua aspek interaksi pengguna akhir dengan perusahaan, layanan dan produknya”

Don Norman

Dari pernyataan diatas menjelaskan bahwa pengalaman pengguna memiliki definisi yang sangat luas yang dapat mencakup setiap interaksi yang dilakukan seseorang atau pengguna dengan produk atau layanan dan bukan hanya dalam layanan digital. Dalam hal ini definisi dari Norman tentang UX adalah inti dari setiap desain pengalaman pikiran dan semuanya mencakup hal tentang sekitar manusia yang berinteraksi dengannya.

Untuk memahami apa yang membuat pengalaman itu menyenangkan, Peter Moreville mengembangkan visual yang bagus untuk menyoroti apa yang masuk ke dalam desain UX yang efektif.

user experience
Sumber : Peter Moreville

Gambar diatas menunjukkan bahwa untuk menjadi seorang profesional UX adalah harus memahami beberapa hal diatas, termasuk :

  • Bagaimana mereka menemukan produk perusahaan Anda
  • Urutan tindakan yang mereka ambil saat berinteraksi dengan antarmuka
  • Pikiran dan perasaan yang muncul saat mereka berusaha menyelesaikan tugas mereka
  • Kesan yang mereka ambil dari interaksi secara keseluruhan

Sebagai seorang desain UX bertanggungjawab atas produk yang dibuat dengan menenuhi kebutuhan pelanggan dan memungkinkan pengguna mencapai hasil yang diinginkan serta seorang UX desain bekerja erat dengan desainer UI, peneliti UX, pemasar, dan tim produk untuk memahami apa yang dinginkan oleh pengguna melalui penelitian dan eksperimen. Penggunaan penhetahuan terus dilakukan untuk mendapatkan hasil yang maksimal dan pengalaman yang baik serta berdasarkan penelitian pengguna kuantitatif dan kualitatif.  

Referensi

By samagahacom

Simple | Sondolop Cloth | Musik | #mengingatlupa | #mahasiswamanis

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Related Posts