Tips Aman Berpergian Ditengah Pandemi Covid 19

adrien delforge CrHG ZYn1Dw unsplash

“aku mau pergi nih, tapi kok aku khawatir ya akan keadaan saat ini terkait pandemi. Hmm jadi bingung kemana-mana selalu gak nyaman”

Gambaran itulah yang saat ini menjadi beban pikiran kita saat ini termasuk saya. Banyak hal yang harus diperhatikan Ketika mau pergi. Ya memang pergi hanya unutk mencari kebutuhan tertentu tapi rasa was-was selalu datang dipikiran. Tempat tujuan pun sebelum pergi harus ditentukan dan tahu apa yang akan dituju karena terkait protokol kesehatan yang ada. Kita harus patuh terhadap aturan pemerintah terkait penanganan pandemi agar mengurangi tingkat resiko penularan virus covid 19. Covid 19 atau selanjutnya disebut virus corona  adalah sebuah virus yang menyerang sistem pernapasan dan virus corona bisa menyebabkan gangguan ringan pada sistem pernapasan, infeksi paru-paru yang berat , bahkan hingga kematian.  

Tidak bisa dipungkiri bahwa kita pun ingin berpergian ketempat tertentu guna untuk mengurangi rasa setres yang ada terkait rutinitas sehari-hari. Di masa pandemi ini memang ada banyak pembatasan beberapa tempat yang menimbulkan keramaian mulai dari café, pasar, supermarket, swalayan dan lain-lain. Biasanya mahasiswa yang suka nongkrong di café pun harus bisa memahami keadaan tersebut karena ada  Pembatasan yang dilakukan untuk mengurangi resiko penularan terhadap masyarakat luas dan agar bisa di kontrol oleh pihak yang berwenang. Kebutuhan memang selalu ada dan setiap dari kita juga pasti akan butuh sesuatu yang memang urgensi, seperti beli makanan, minuman, kebutuhan mandi, bulanan dan lainnya. Tetapi rasa ketidaknyamanan selalu menghantui dipikiran kita karena nantinya kita tidak tahu siapa yang membawa virus ini yang sudah kita ketahui bahwa virus corona ini tidak terlihat dan bisa menular lewat benda.

Cara Aman berpergian

Nah, saya akan membagikan sebuah tips bagaimana cara berpergian agar kita selalu nyaman dan tenang tanpa beban pada saat berpergian di masa pandemi ini.

  • Menggunakan Masker

Masa pandemi menggunakan masker adalah hal yang wajib untuk di jalankan setiap warga negara Indonesia saat ini dan jika tidak pakai masker akan di kenakan denda oleh pemerintah karena tujuan dari masker adalah untuk mencegah penularan serta kenyamanan masyarakat. Masker berfungsi untuk melindungi partikel kecil yang kita tidak ketahui dari mana asalnya.

  • Cuci Tangan atau sedia Hand Sanistizer

Membawa hand sanistizer adalah cara sederhana jika berpergian atau sebagai cadangan jika tempat yang dituju tidak menyediakan cuci tangan atau karena memang terpaksa untuk menggunakan hand sanistizer. Sangat dianjurkan Cuci tangan setelah transaksi atau akan meninggalkan tempat keramaian.

  • Jaga jarak

Selalu jaga jarak minimal 1 meter guna mengurangi resiko penularan karena kita tidak tahu siapa yang membawa virus dan untuk penyebab penularan virus corona itu bervariasi bisa dari udara karena bersin , sentuhan, aerosol dan lainnya yang tidka terlihat. Sangat disarankan untuk tidak bersentuhan secara langsung di tempat umum atau keramaian dengan siapapun.

  • Memperhatikan tempat tujuan sudah menggunakan protokol Kesehatan

Ini menjadi sangat penting agar kita yakin bahwa Kesehatan kita terjaga satu sama lain yaitu dengan melihat tempat yang kita tuju menggunakan protokol Kesehatan atau tidak. Tempat yang dituju harus sudah menjalankan semua prosedur yang dianjurkan oleh pemerintah agar masyarakat merasa nyaman dan menjaga satu sama lain terkait penularan.

  • Melakukan Rapid Test

Agar kita yakin bahwa kita terhindar dari virus corona sebelum berpergian. Maka, harus melakukan rapid test agar kita yakin bahwa kita tidak bawa virus kepada orang lain dan kita juga harus hati-hati terhadap lingkungan sekitar. Rapid Test adalah sebuah metode skrining awal untuk mendeteksi sebuah tingkat kekebalan tubuh atau antibodi, yaitu IgM dan IgG yang diproduksi oleh tubuh guna melawan virus corona dan antibody itu akan dibentuk oleh tubuh bila ada paparan viurus corona.

Rapid Test mudah hanya dengan online

test tube 5065424 1280

Saat ini jangan khawatir untuk melakukan Rapid Test Covid 19 karena bisa dilakukan secara online. Hanya dengan menggunakan sebuah aplikasi kita bisa melakukan test secara Drive thru dan hanya bisa dilakukan oleh Halodoc. Halodoc adalah sebuah aplikasi Kesehatan yang memberikan kemudahan layanan yang terintegrasi dan bisa akses layanan Kesehatan hanya dengan menggunakan gawai atau ponsel. halodoc memberikan sebuah layanan Rapid Test Drive Thru yang bisa digunakan hanya dengan melalui online. Caranya sangat mudah hanya download aplikasi halodoc kemudian klik tombol “Covid Test” kemudian pilih lokasi terdekat dan hanya membutuhkan KTP atau KK.

Nah, tipsnya sangat mudah unutk dijalankan dan jika berpergian sudah tidak khawatir akan penularan yang ada disekitar kita karena Sudah melalui atau menjalankan protokol Kesehatan dengan baik dan lebih sudah melakukan rapid test dengan halodoc. Semoga bermanfaat.

By samagahacom

Simple | Sondolop Cloth | Musik | #mengingatlupa | #mahasiswamanis

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Related Posts