Upgrade SSD PC untuk Bermain Game

upgrade ssd pc ssd cepat ssd terbaik dan ssd terjangkau untuk bermain game

Upgrade SSD PC untuk bermain game ? bagaimana pengaruh dalam performa dan apakah begitu penting buat kita ? di beberapa forum banyak yang menanyakan perihal tentang hal tersebut. Perlu kita ketahui sebelumnya SSD adalah Solid State Drive sebuah perangkat penyimpanan generasi terbaru yang di gunakan untuk komputer, SSD ini menggantikan harddisk mekanis tradisional dengan menggantikan memori berbasis flash, yang secara signifikan jauh lebih cepat dan efisien.

Bermain game agar tetap stabil performanya memang membutuhkan perangkat yang mumpuni dan tangguh. Agar tetap stabil dibutuhkan sebuah perangkat diantaranya kartu grafis yang bagus, memori RAM yang besar dan kuat, memori penyimpanan yang cepat dan performa baik. Bicara tentang memori penyimpanan, ini menjadi sangat penting dalam memilih penyimpanan. Penyimpanan bukan tentang hanya menyimpan data lalu dipindahkan, tetapi juga harus memperhatikan kecepatan menulis dan membaca.

Perbedaan HDD dan SSD

HDD
Harddisk Drive ini menggunakan komponen bergerak dan di dalamnya ada sebuah lengan aktuator bergerak yang membentuk trek sekuler pada piringan yang berputar untuk mengambil data atau menyimpan data. Dalam pencarian HDD menggunakan lengan dan latensi rotasi piringan jadi membuat agak lambat. Dalam hal ini sangat berpengaruh pada saat bermain game, penundaan akan terasa karena proses yang diminta mengalami waktu tunggu untuk memuat aset game serta beberapa kondisi yang terputus dan tersendat ketika game mengambil aset baru dari disk.

SSD

Solid State Drive adalah sirkuit yang terintegrasi tanpa komponen penggerak. SSD menggunakan memori flash NAND yang memungkinkan kecepatan baca dan tulis yang unggul dan latensinya lebih rendah dibanding HDD. Untuk gaming sendiri SSD ini lebih tangguh, karena proses baca dan tulis terbilang lebih cepat dari HDD.

Upgrade SSD PC Untuk Game

SSD NVMe Verbatim

Melihat ulasan diatas mengenai SSD ini ada hal yang menarik, karena SSD yang akan saya bahas disini adalah SSD yang sudah NVMe dan tentunya berbeda dengan SSD biasa. SSD NVMe adalah akronim teknologi Non-Volatile Memory Express, teknologi ini memiliki kecepatan baca dan tulis lebih cepat lagi dan tidak dibatasi oleh kecepatan standar yang diterapkan pada koneksi SATA.

Verbatim, dengan produk unggulannya mengeluarkan penyimpanan SSD NVMe M.2 yang memiliki kecepatan baca hingga 3.1 GB/s dan tulis 2.9 GB/s. Verbatim merupakan perusahaan yang awalnya mengembangkan teknologi floppy disk dan teknologi media optik, sekarang sudah berkembang pesat hingga pengembangan perangkat penyimpanan data, periferal komputer, solusi game, dan teknologi pencahayaan LED dan dikenal juga karena kualitas, kinerja, dan keandalan yang luar biasa.

Produk yang akan saya bahas disini adalah seri SSD Vi3000 NVMe M.2, spesifikasi produk ini sangat menarik karena bobotnya 8g dengan dimensi 80mm x 22mm x 2.15 mm, untuk kecepatan bacanya sangat fantastis yaitu mencapai 3.1 GB/s dan untuk kecepatan menulis mencapai 2.9 GB/s. Produk ini bisa untuk laptop dan dekstop/personal komputer, kecepatan baca dan tulis yang sangat tinggi, mempercepat performa PC/laptop, membuka aplikasi begitu cepat, konsumsi daya yang rendah untuk menambah masa tahan baterai, tidak berisik saat bekerja, pemasangan yang sangat mudah. Sekali lagi produk ini bisa digunakan untuk SSD PC dan laptop.

upgrade ssd pc ssd cepat ssd terbaik dan ssd terjangkau untuk bermain game
SSD Verbatim Vi3000 NVMe M.2
upgrade ssd pc ssd cepat ssd terbaik dan ssd terjangkau untuk bermain game
Spesifikasi SSD Verbatim Vi3000 NVMe M.2
upgrade ssd pc ssd cepat ssd terbaik dan ssd terjangkau untuk bermain game
SSD Verbatim Vi3000 NVMe M.2

SSD vi3000 NVMe M.2 ini akan saya coba di PC. Namun, uji coba kali ini berbeda dari lainnya, karena uji coba akan fokus pada saat bermain game. Game yang dipilih juga merupakan game berat alias AAA atau sering disebut game triple A. Game triple A adalah klasifikasi untuk sebuah game yang biaya produksinya sangat besar perkiraan diatas US$50-100 juta, baik dari segi produksi maupun distribusi.

upgrade ssd pc ssd cepat ssd terbaik dan ssd terjangkau untuk bermain game
SSD Verbatim Vi3000 NVMe M.2
upgrade ssd pc ssd cepat ssd terbaik dan ssd terjangkau untuk bermain game
Bersama SSD Verbatim Vi3000 NVMe M.2

Uji Kecepatan

Untuk mengecek kecepatan SSD PC dari Verbatim ini , saya menggunakan software CrystalDiskMark versi 8.0.4 (x64), perlu di ketahui sebelumnya software ini berfungsi untuk menguji kecepatan penyimpanan baik SSD maupun HDD. Dari beberapa uji hasilnya di bawah ini :

Uji 1 :

upgrade ssd pc ssd cepat ssd terbaik dan ssd terjangkau untuk bermain game
Uji 1 Kecepatan SSD Verbatim Vi3000 NVMe m.2

Baca juga : Cara mengatasi jaringan wifi error setelah update bios huawei matebook

Uji 1 ini hanya fokus ke uji kecepatan. Untuk data yang di proses hanya 1 dengan unit 8Gib. Karena hanya fokus ke kecepatan maka sequence nya hanya 1 saja sudah cukup. Hasil yang didapat sebesar 2043.43 untuk baca dan 1852.06 untuk tulis.

Uji 2 :

upgrade ssd pc ssd cepat ssd terbaik dan ssd terjangkau untuk bermain game
Uji 1 Kecepatan SSD Verbatim Vi3000 NVMe m.2

Uji 2 ini mencoba menaikkan jumlah proses dan unit. Untuk proses sendiri di angka 5 dan dan unit 8GiB. Hasil yang didapat adalah sebesar 1988.58 untuk baca dan 1853.28 untuk tulis. Untuk sequence masih sama 1.  

Uji 3

upgrade ssd pc ssd cepat ssd terbaik dan ssd terjangkau untuk bermain game
Uji 1 Kecepatan SSD Verbatim Vi3000 NVMe m.2

Uji 3 ini masuk ke uji stres test dengan menggunakan 9 proses serta unit nya 64GiB dan menggunakan sequence 1 saja sudah cukup. Hasilnya 1921.53 untuk baca dan 462.39 untuk tulis. 

Uji Game

Uji berikutnya adalah untuk game. Apakah performa bermain game dengan SSD PC ini akan meningkat atau akan sama saja dan bagaimaan performanya?. Mungkin banyak yang menanyakan perihal tersebut, apakah ada pengaruh saat bermain game dengan SSD?. Untuk menguji performa SSD ini dibutuhkan game yang Triple A atau game berat, guna menguji stres testnya.

Uji game 1

upgrade ssd pc ssd cepat ssd terbaik dan ssd terjangkau untuk bermain game
Uji 1 bermian game SSD Verbatim Vi3000 NVMe m.2

Uji Game 1 ini dengan game WRC 10 FIA World Racing Championship dengan grafik Very High. Performanya pun sangat stabil ketika saya bermain game ini, load game nya sangat cepat dan tidak ada jeda atau patah-patah saat bermain game. Load texture dan performa sangat baik dan nyaman.

Uji Game 2

upgrade ssd pc ssd cepat ssd terbaik dan ssd terjangkau untuk bermain game
Uji 1 bermian game SSD Verbatim Vi3000 NVMe m.2

Uji game 2 dengan game BattleField V dengan settingan grafik fullscreen resolution 3840×2160 60.00Hz. Performa sangat stabil dan tanpa sekali mengalami lag atau patah-patah. Loading saat buka game dan per part  proses juga mulus dan nyaman sekali.

Note : SSD diuji di PC dan hanya sebagai penyimpanan game dan bermain game.

Kesimpulan SSD untuk game

Dalam kenyataannya, performa SSD PC dari Verbatim ini sangat baik dan bagi saya keputusan yang tepat untuk upgrade ke SSD. SSD cepat verbatim ini sangat cocok untuk bermain game dan untuk performa sangat baik, apalagi untuk memproses data. Dalam pengujian saya sangat takjub dengan performanya, karena saya tidak mengalami kendala pada saat instalasi device dan proses instalasi game. SSD Verbatim ini menurut saya SSD terbaik dan SSD terjangkau, karena dengan harga segitu sudah bisa menikmati pengalaman yang luar biasa.

By samagahacom

Simple | Sondolop Cloth | Musik | #mengingatlupa | #mahasiswamanis

19 Comments

  • Menurutku yang nggak begitu paham urusan komputer dan printilannya saja memahami kalau urusan PC untuk bermain game lebih-lebih game online memang kudu punya spesifikasi yang bagus. Seenggaknya untuk urusan penyimpanan. Biar lebih nyaman gitu mainnya. Nggak ada ngelag atau apalah yang bikin bete jiwa dan raga gamer online. Hehehehe

  • untuk gamer profesional tentu butuh perangkat yg seperti ini ya untuk menunjang kegiatan gamenya lebih maksimal

  • Memang kalo udah urusan game sering banget bikin memori low dan kehabisan space. Akibatnya pas main jadi lebih sering ngelag. Tapi menurut percobaan ternyata SSD PC dari Verbatim hasilnya keren ya kak. Verbatim ini merk yang sering saya beli dulu mulai dari penyimpanan file bentuk CD. Hihihi jaman masih SMA.

  • Emang kalo game itu ada spek khusus ya.. paling ngga di ipgrade biar ga lemott..verbatim salahbsatu pilihan buat yg doyan ngegame..

  • Memang dah kalau main game tapi lemot gitu bakal menguji emosi banget. Verbatim inj ga cuma buat fast charger jg ya, ternyata ada SSDnya nyaaa..

  • SSD memang lebih baik untuk digunakan untuk kecepatan dalam bermain game dibandingkan HDD, dan SSD dari verbatim ini merk yang menarik untuk dipilih

  • Memang ya, Mas, agar main gamenya maksimal, perlu pakai perangkat yang mumpuni. Makanya zaman now sudah ada laptop gaming yang canggih dan keren, dengan harga yang wow. Kalaupun belum pakai yang laptop gaming, harus terus diupgrate performanya.

  • Memang ya, Mas, agar main gamenya maksimal, perlu pakai perangkat yang mumpuni. Makanya zaman now sudah ada laptop gaming yang canggih dan keren, dengan harga yang wow. Kalaupun belum pakai yang laptop gaming, harus terus diupgrate performanya, agar main gamenya semakin seru dan menyenangkan.

  • Main game emang enaknya di PC, ya, Kak. Lebih enak lagi kalo didukung perangkat yang makin bikin pengalaman bermain jadi makin seru dan menyenangkan. Apalagi biasanya game PC tuh berat2. Kalo gak enak perangkatnya pasti deh sebel bgt krn kudu struggling sama patah2 grafiknya :”)

    Ikut seneng bacanya kalo setelah upgrade SDD ke Verbatim ini bisa dapet performa yang memuaskan.

  • Baru tahu deh soal SSD yang bisa di upgrade untuk PC yang mau dimanfaatkan buat main game. Pantas saja, kalau si gadget mau dipakai untuk gaming biasanya butuh yang performanya lebih baik dan kuat ya.

  • Ini solutif banget sih..ketika laptop mulai terasa rewel karena lemot, maka menggantinya dengan SSD bisa menjadi solusi terbaik. Jadi aktivitas menggunakan PC atau laptop menjadi lancar jaya kembali.

  • Wah emang seru banget nih main game di PC. Upgrade SSD biar makin sat set sat set dan tampilannya makin oke pas main game yaaaaa.. Kalo produk produknya verbatim mah emang nggak perlu diragukan lagi yaaa

  • Baca ginian jadi inget mantanku dulu, karena dia gamer jadi ngotot cari SSD mkwkwkw cuma pas itu ngga ngeh manfaatnya. Untung sih laptopku udah pake SSD juga karena emang lebih kenceng banget buat berbagai kebutuhan

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Related Posts